Kamis, 21 April 2011

Santap Siang Pagi - pagi (Brunch)

Santap siang yang biasanya banyak orang lakukan yaitu pada siang hari sekitar pukul 12.00 ke atas atau setelah dzuhur.berbeda,dengan kebiasaan para siswa-siswi SMA Al-Muttaqin , yang rata-rata dari mereka lebih memiliih makan siang pada jam istirahat yaitu pada pukul 10.00 . Ini salah satu budaya yang unik dan dapat di katakan aneh dari berbagai macam budaya lainnya di SMA Al-Muttaqin . mengapa demikian ? karena , pukul 10.00 itu adalah waktu yang masih pagi atau belum dapat di katakan siang hari .
Hal ini merupakan kebiasaan yang sangat jarang dan mungkin hanya terjadi di SMA Fullday Al-Muttaqin saja maka dari itu berbagai pihak bertanya-tanya akan hal ini.Dan sebenarnya ada beberapa hipotesis yang kami duga, tapi itu semua belum tentu kebenarannya hingga akhirnya kami melakukan tanya-jawab dengan teman-teman yang tentunya mereka memiliki kebiasaan makan siang pada pagi hari .
Dan beberapa dari teman kami ternyata mereka makan siang pada pukul 10.00 karena perut mereka sudah terasa lapar oleh aktivitas belajar selama empat jam pelajaran pertama yang banyak memakai kerja otak dan fikiran , hal itu wajar terjadi karena pada pagi hari otak yang manusia miliki masih dalam keadaan segar , sehingga dapat memusatkan konsentrasi dengan sepenuhnya dalam belajar yang tanpa di sadari hal itu menguras energi yang manusia miliki.
Ada juga mereka yang tidak terbiasa makan pagi sebelum berangkat sekolah dan lebih memilih makan pagi pada jam istirahat di sekolah . tapi sebenarnya alasan yang satu ini tidak bisa dikatakan kebiasaan unik yang baik karena melupakan makan pagi sebelum berangkat sekolah adalah kebiasaan yang seharusnya di hilangkan , hal itu dapat mengganggu kesehatan otak dan lambung karena sebagaimana sudah di jelaskan sebelumnya bahwa pada pagi hari adalah waktu yang efektif digunakan untuk konsentrasi otak dalam belajar, jika perut tidak di isi sebelumnya tidak menutup kemungkinan otak akan kehilangan energi untuk berfikir begitupun dengan fisik yang mungkin saja sedikit terganggu.
Selanjutnya ada di antara mereka makan siang pagi-pagi hanya mengikuti kebiasaan teman-temannya saja , karena jika makan siang sendiri pada jam 12.00 tidak terasa nikmat kebersamaannya nya .
Ada lagi mereka yang memilih makan pada pukul 10.00 di karenakan jika makan pada pukul 12.00 ruang makan penuh oleh siswa SMP Al-Muttaqin sehingga di takutkan tidak kebagian kursi untuk duduk.
Adapun mereka yang cermat dalam membagi waktu , yang memilih makan siang pada jam istirahat pertama yang waktu istirahat nya hanya sekitar 40 menit saja dan pada jam istirahat kedua atau istirahat dzuhur yang waktunya lebih panjang yaitu sekitar 60 menit , mereka gunakan untuk belajar atau bertanya materi pelajaran yang belum faham kepada guru bidang studi di kantor , kadang pula mereka menggunakan waktu tersebut untuk mengerjakan tugas yang belum terselesaikan , atau mereka gunakan untuk rapat organisasi.
Itu semua adalah penyebab kebiasaan makan siang pada pukul 10.00 di SMA Al-Muttaqin.ternyata kebanyakan penyebabnya adalah hal yang positif , maka dari itu kebiasaan ini tidak perlu di hapuskan dan tidak ada yang di rugikan dalam kebiasaan ini .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar