Minggu, 25 Maret 2012

BLASTER is TOMCAT

"Ukhti Alaa ini kenapa?" Raisa panik melihat pahanya seperti terbakar dan terasa perih. Rai segera turun dari ranjang atas kakak kelasnya Ala, saat itu Rai sedang mengenyam bangku SMP di salah satu SMP Plus Pesantren.
"Ya Alloh Rai itu kenapa?" Ukhti Ala ikut panik melihat luka yang ada di kaki Rai.
"Aduuuh panas, sakiit. Ini kenapa ya?" Tak henti Raisa melihat kaki bagian paha belakangnya yang luka sekitar 17cm, bentuk lukanya seperti luka bakar namun sedikit berentus merah.
"kenapa Rai?" Bena teman se asrama Raisa menghampiri, kemudian Raisa memperlihatkan lukanya.
"Aduuh Rai ko bisa gitu, digigit serangga?" Tanya Bena
"Ga tau ben"
"Ya udah Rai, nanti ibuku mau dateng dilitain ke ibuku aja ya biasnya ibuku tau obat-obat buat kulit"

Sore -sore ibu Bena datang, setelah bercengkrama dengan Bena kemudian is menghampiri Raisa.
"Neng Raisa kenapa?" tanya ibu Bena.
"Ga Tau bu, tiba - tiba gini" Raisa sambil memperlihatkan lukanya.
"Oh pake Hydrocortys** aja neng"

Malamnya ibunya Raisa datang karena tadi  sore pula Raisa menelpon ibunya untuk datang ke asrama,
"Maah, liat kaki Rai maah!" Raisa sambil meringis.
"Astagfirulloh Rai ini kenapa?" Mamah kaget melihatnya karena luka Raisa sangat banyak.
"Rai kita pulang aja ya, kita ke dokter!"
Malam itu juga Raisa pulang, dan langsung menuju dokter kulit namun sayang ternyata klinik dokter telah tutup, berobat ke dokterpun ditunda hingga besok pagi. Mama tidak memebeli obat yang disarankan Ibunya Bena karena Mamah seorang bidan, yang ia tau obat yang di sarankan itu untuk obat "budug", Mama tak percaya luka yang di kaki Rai itu "budug".

Pagi - pagi sekali Rai dan Mamanya menuju dokter kulit dan kesimpulannya Rai digigit serangga. Rai bertanya - tanya "serangga apa ya?". Luka akibat serangga di kaki Rai semakin mengering dengan obat yang diberikan dokter kemudian melepuh dan terasa gatal juga sedikit perih, bekas lukanya agak lama hilang. Dan ternyata selidik punya selidik sudah banyak santri yang terserang serangga seperti ini.
"emangnya serangga apa sih yang bikin kaya gini?" Tanya Rai pada Ukhti Ala.
"emmm... yang lain bilangnya serangga blaster"
"blaster?"
"iya blaster!"
"kaya permen aja blaster, ntar kalau ada serangganya tunjukin ke ana yah ti!"
Blaster, ya di ma'had Rai serangga itu dinamakan blaster. kenapa blaster? karena tubuh serangga itu yang belang - belang orange-hitam.
Tiga tahun Raisa tinggal disana, 3 kali Raisa terkena serangan serangga itu, di kaki, di tangan dan yang paling menyedihkan di bawah bibir jadi Rai terlihat seperti habis dipukuli, wajahnya babak belur. "Ga apa-apalah kan keliatan jagoan kaya abis berantem" hibur Rai saat bercermin melihat wajahnya.
Tiap kali Rai ditanya oleh keluarga, saudara atau kolega lainnya pasti Rai bingun menjelaskan serangga yang bernama blaster, orang -orang tidak tau seperti apa itu blaster.

Dan tiga tahun kemudian munculah dalam berita serangga TOMCAT, yang katanya menyerang banyak orang dan mengakibatkan luka melepuh pada kulit, setelah dilihat Rai ternyata TOMCAT is BLASTER. terjawab lah sudah blaster adalah TOMCAT yang sebenarnya sudah menyerang sejak dulu di daerah yang dekat dengan pesawahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar